Entri Populer

Senin, 19 Maret 2012

Makalah TIK


BAB I
PENDAHULUAN

  1. Latar Belakang

Seiring dengan perkembangan zaman, jaringan komputer telah mengalami banyak perubahan dari masa ke masa. Hingga akhirnya, mulai dikenal jaringan internet dan intranet. Internet adalah jaringan komputer global sedangkan intranet adalah jaringan komputer lokal. Internet dan intranet memiliki berbagai sambungan. Berbicara tentang sambungan internet dan intranet berarti berbicara mengenai “bagaimana” cara menggunakan sambungan internet dan intranet dalam komputer. Jika pada masa lampau, internet belum membumi, kini internet telah dikenal banyak orang. Sehingga untuk dapat mengaksesnya, siswa perlu mengetahui langkah-langkah dalam mengaksesnya. Hal itu mendorong minat siswa untuk mengetahui berbagai jenis sambungan internet dan intranet. Dalam hal ini, siswa menganalisis koneksi internet yang ada. Contohnya yaitu dial-up, broadband, ADSL, dan handphone.
Sehubungan dengan tugas yang diberikan yaitu mengenai koneksi internet yang menggunakan kabel, maka pada makalah ini hanya akan dibahas mengenai hal tersebut. Pembahasan dalam makalah ini yaitu tentang jenis-jenis koneksi internet, cara-cara koneksi internet, pemilihan ISP, dan cara setting internet.





  1. Rumusan Masalah

Hal-hal yang menjadi rumusan masalah dalam makalah ini adalah sebagai berikut :

  1. Jelaskan berbagai jenis koneksi internet !
  2. Bagaimana cara koneksi internet ?
  3. Jelaskan cara pemilihan ISP !
  4. Bagaimana setting internet itu ?

  1. Tujuan

Adapun yang menjadi tujuan dalam makalah ini adalah sebagai berikut :

  1. Untuk mengetahui berbagai jenis koneksi internet
  2. Untuk mengetahui cara-cara koneksi internet melalui Dial-Up dan Handphone
  3. Untuk mengetahui pemilihan ISP
  4. Untuk mengetahui setting internet


BAB II
PEMBAHASAN

Koneksi internet yang digunakan oleh setiap pengguna tentunya berbeda-beda, sesuai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Berdasarkan kelompoknya, koneksi internet yang digunakan terdiri dari 2 jenis yaitu koneksi internet dengan menggunakan kabel dan nirkabel (wireless). Tetapi dalam bab ini, kita membahas mengenai koneksi internet dengan menggunakan kabel.

  1. BERBAGAI JENIS KONEKSI INTERNET

Koneksi internet kabel adalah jenis koneksi yang memanfaatkan media kabel sebagai penghantarnya. Koneksi ini juga beragam, baik dari segi biaya maupun kecepatannya. Berikut ini beberapa jenis koneksi internet yang ada :

  1. Dial Up
Merupakan koneksi internet yang memanfaatkan jalur telepon (telepon rumah). Selama online (connect), maka telepon rumah tidak dapat digunakan.
Koneksi dial-up ini pada umumnya digunakan oleh pribadi-pribadi yang menginginkan untuk mengakses internet dari rumah. Komputer yang digunakan untuk dial-up pada umumnya adalah sebuah komputer tunggal bukan jaringan komputer. Koneksi dial-up memang jauh lebih lambat dibandingkan dengan koneksi internet lainnya. Kecepatan maksimum yang didapat hanya sekitar 56 kilo byte persecond (Kbps), kecepatan tersebut bahkan bisa lebih parah pada kondisi tertentu, seperti pada siang hari dimana traffic pengguna telepon sedang meningkat. Selain itu, biaya koneksinya juga masih relatif mahal.

  1. BroadBand
Menghubungkan komputer ke internet melalui sambungan jaringan kabel TV dengan menggunakan modem broadband. Saat online dapat sekaligus nonton, artinya tidak berpengaruh. Dan biaya lebih hemat, cukup membayar abonemen TV kabel + biaya internet provider untuk 24 jam online (no limit), kecepatan mulai dari 64 kb – 256 kb. Kelebihan mengakses internet dengan menggunakan jaringan TV kabel dapat mengakses internet setiap saat dan bebas dari gangguan telepon sibuk. Namun hanya daerah yang dilewati kabel TV yang bisa menggunakan koneksi ini.

  1. ADSL (Asymetric Digital Subscriber Line)
Menghubungkan komputer ke internet melalui sambungan jaringan line telepon. Namun ADSL menggunakan teknologi yang lebih modern. Saat online jalur telepon tidak terganggu, dapat digunakan dalam kebersamaan. Biaya cukup membayar provider internet, sistem perhitungan berdasarkan besarnya kilobyte yang digunakan, koneksi 24 jam online. Kecepatan mencapai 512 kb. Namun hanya daerah tertentu saja yang bisa menggunakan koneksi ini.
Keuntungan ADSL adalah memberikan kemampuan akses internet berkecepatan tinggi dan suara/fax secara simultan (di sisi pelanggan dengan menggunakan splitter untuk memisahkan saluran telepon dan saluran modem).

  1. Handphone
Menghubungkan komputer ke internet melalui sambungan jaringan handphone. Dapat dihubungkan melalui Bluetooth maupun USB kabel data. Saat online jalur telepon juga tidak terganggu. Bisa menggunakan jaringan GSM maupun CDMA. GSM dapat lebih cepat dengan teknologi 3G atau bahkan teknologi terbaru high speed 3,5G. Sedangkan CDMA menggunakan teknologi CDMA 2000 1x hampir setara dengan 3G. Perhitungan biaya hampir sama semua yaitu menggunakan sistem perhitungan perkilobyte. Kecepatan mulai dari 64 kb – 2 mb.

  1. CARA KONEKSI INTERNET
  1. Cara Koneksi melalui Dial-Up
Cara termudah untuk koneksi dengan internet adalah dengan melalui jaringan telepon dan ISP yang kita gunakan adalah telkom. Dengan menggunakan telkom, kita tidak perlu registrasi ke ISP lagi. Cukup dengan nomor dial-up username dan password, langsung dapat connect ke internet. Dengan menggunakan ISP, koneksi dapat lebih cepat dan lebih murah.

  1. Cara Koneksi melalui Handphone
Untuk mengetahui cara connect internet dengan menggunakan jaringan handphone khususnya CDMA dapat didownload di Guide Nokia 6585 Nokia 6585.pdf [2 mb]. Ini hanya salah satu dari sekian banyak alamat file yang dapat dituju. ada beberapa 4 macam CDMA di Indonesia yang dapat digunakan, yaitu sebagai berikut :
    1. Star one = Username : starone | Password : indosat
    2. Flexy = Username : telkomnet@flexi | Password : Telkom
    3. Fren = Username : m8 | Password : m8
    4. Esia = Username : esia | Password : esia
Semuanya menggunakan nomor dial yang sama yaitu #777.

  1. PEMILIHAN ISP

Internet Service Provider (ISP) atau di Indonesia dikenal dengan istilah Penyelenggara Jasa Internet (PJI) adalah perusahaan penyedia jasa layanan akses internet yang melayani jasa koneksi internet untuk perseorangan, perkantoran, sekolah, kampus dan lainnya.
Di bawah ini teknologi layanan internet berdasarkan medianya dari beberapa tinjauan adalah sebagai berikut :
      1. Kabel Telepon
      2. Kabel Serat Optik
      3. Kabel Modem (HFC)
      4. xDSL (ADSL/SDSL/HDSL)
      5. WiFi (802.11a/b/g)
      6. WiMax (802.16)
      7. Microwave Link
      8. GPRS pada GSM/CDMA
      9. 3G/3,5G/HSDPA
      10. VSAT/TDMA
      11. DVB (two-way) frekuensi Ku-Band dan C-Band pada satelit.
      12. DVB (one-way) frekuensi S-Band pada satelit

  1. SETTING INTERNET
  1. Menginstal Dial-Up Networking
Untuk memeriksa dan menginstal Dial-Up jika belum terinstal adalah dengan membuka Control Panel, dengan cara berikut ini :
    1. Click Start button, pilih setting, lalu pilih Control Panel.
    2. Double-click Add/Remove Program icon, pilih Windows Setup, lalu pada daftar Components pilih Communications, click Details … button.
    3. Jika Dial-up networking belum terinstal (tidak ada tanda check pada Dial-Up Networking) click pada Dial-Up Networking agar ada tanda check pada Dial-Up Networking.
    4. Click OK yang akan membawa kembali ke dialog box sebelumnya, lalu click OK.


  1. Instalasi Dial-Up Adapter dan TCP/IP
  1. Pada layar Network, pilih perintah Add… - pilihlah Adapter – Add… untuk menginstal Dial-Up Adapter.
  2. Pilihlah Manufacturers Microsoft Dial-Up Adapter dan klik OK.
  3. Untuk menginstal TCP/IP, ulangi langkah pertama, tetapi pilihlah Protocol-Add
  4. Pilihlah Manufacturers Microsoft – TCP/IP, lalu kliklah OK.

  1. Menginstal Protocol TCP/IP
Untuk menginstal TCP/IP pada koneksi jaringan area lokal adalah sebagai berikut :
  1. Klik Start
  2. Klik Programs
  3. Klik Connect To
  4. Klik Show All Connections. Muncul kotak dialog Network and Dial-Up Connections
  5. Klik kanan Local Area Connection
  6. Klik Properties. Muncul kotak dialog Local Area Connection Properties
  7. Klik Instal. Muncul kotak dialog Select Network Component Type
  8. Klik Protocol
  9. Klik Add. Muncul kotak dialog Select Network Protocol
  10. Klik Internet Protocol (TCP/IP)
  11. Klik OK. Protocol TCP/IP diinstal dan ditambahkan ke daftar Components di kotak dialog Local Area Connection Properties
  12. Klik Yes apabila akan merestart komputer Anda
  13. Klik Close untuk menutupnya.


  1. Merubah DNS
Berikut ini adalah langkah-langkah dalam merubah DNS di komputer adalah sebagai berikut :
  1. Klik Start > Connect to > Show all connections
  2. Klik kanan gambar koneksi internet yang anda gunakan > Properties
  3. Pilih tab Networking > Properties
  4. Ubah “obtain DNS server address automatically” dengan “use the following DNS server addresses” lalu masukkan angka-angka keramat
  5. Klik OK.

  1. Menginstal Modem
Dapat dilakukan dengan langkah-langkah berikut :
  1. Pasang modem ke komputer.
  2. Nyalakan komputer dan perintahkan komputer untuk mengenali modem yang telah terpasang, dengan cara berikut :
        1. Start
        2. Control Panel
        3. Pilih Phone and Modem Option
        4. Apabila modem telah terdeteksi, maka jenis modem akan muncul, dan apabila belum, maka pilih ADD dan ikuti petunjuknya.

  1. Membuat Internet Shorcut
Cara membuat internet shortcut adalah sebagai berikut :
  1. Klik kanan tempat kosong pada Desktop, mengarah ke “Baru”, dan pilih “Shortcut”.
  2. Membuat Shortcut jendela yang akan muncul. Dalam kotak teks, ketik alamat lengkap dari halaman web yang Anda inginkan/cara pintas ke link. (Contoh: http://www.komputertim.com).
  3. Klik “Next”.
  4. Dalam kotak teks Nama, masukkan nama untuk shortcut. Ini adalah nama yang akan muncul di bawah ikon. (Contoh: Pelatihan Komputer 2000)
  5. Klik “Selesai”.
  6. Cara pintas sekarang akan dibuat pada Desktop.
  7. Untuk mengakses halaman web yang link ke cara pintas, cukup klik dua kali shortcut’s icon.
 


BAB III
PENUTUP
  1. Kesimpulan
Dari pembahasan diatas, dapat disimpulkan bahwa ada berbagai jenis koneksi internet yaitu dial-up yang memanfaatkan jalur telepon (telepon rumah), broadband yang menggunakan sambungan jaringan kabel TV sebagai penghubung komputer ke internet, ADSL yang menggunakan sambungan jaringan line sebagai penghubungnya, dan handphone yang menggunakan sambungan jaringan handphone. Untuk dapat menggunakan jenis koneksi internet tersebut dapat dilakukan dengan cara koneksi melalui dial-up dan dengan cara koneksi melalui handphone.
Makalah ini juga membahas mengenai teknologi layanan internet berdasarkan medianya dari beberapa tinjauan, salah satu contohnya yaitu kabel telepon. Selain itu, membahas mengenai setting internet yang terbagi menjadi 6 cara yakni menginstal dial-up networking, instalasi dial-up adapter dan TCP/IP, menginstal protocol TCP/IP, merubah DNS, menginstal modem, dan membuat internet shortcut.

  1. Saran
        1. Sebaiknya siswa lebih memahami tentang sambungan internet dan intranet.
        2. Sebaiknya guru dalam pembelajaran ini lebih menjelaskan tentang sambungan internet dan intranet.




DAFTAR PUSTAKA


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar